Cara Membuat VPS di DigitalOcean

Cara Membuat VPS di DigitalOcean - Apakah Anda merasa kesulitan dengan server hosting yang lambat dan tidak stabil? Ini pun adalah masalah umum yang dihadapi banyak pemilik situs web dan pengembang aplikasi. Ketika kecepatan dan keandalan sangat penting, solusi terbaik adalah menggunakan Virtual Private Server (VPS). 

Namun, bagaimana cara menginstalnya? Jangan khawatir! Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah cara membuat VPS di DigitalOcean, penyedia layanan VPS yang terkenal dengan kemudahan dan keandalannya. Dengan panduan ini, Anda akan memiliki VPS yang siap digunakan dalam waktu singkat dan biayanya bisa diatur sehemat mungkin.

VPS sendiri merupakan layanan virtual machine (VM) yang umumnya disediakan penyedia intenet hosting. Tak seperti hosting biasa yang punya berbagai keterbatasan, layanan VPS dapat dikatakan memberikan kita sebuah komputer yang bebas digunakan untuk diutak-atik dan atas kontrol penuh kita.

Saat ini ada banyak penyedia VPS seperti Contabo, DigitalOcean (seperti yang akan digunkan saat ini), Linode, OVH, VULTR. Juga pemain lokal seperti IDCloudhost, Jetorbit, Niagahoster, Dewaweb, hostingan dan masih banyak lainnya.

Lantas, tunggu apa lagi? Mari kita simak artikel ini untuk membuat VPS di DigitalOcean secara rinci dan tentunya dilengkapi gambar. Pastikan tidak ada yang dilewatkan satu per satu langkah di bawah ini, ya!

Persiapan sebelum membuat VPS Murah di DigitalOcean

Sebelum mengetahui cara membuat VPS di DigitalOcean, kita perlu memahami apa saja sih yang perlu dipersiapkan dalam menginstal VPS di DigitalOCean. Nah, DigitalOcean menawarkan solusi VPS yang cepat, andal, dan dapat disesuaikan, ideal untuk pengembang web dan pemilik bisnis online.

1. Membuat Akun DigitalOcean

Langkah pertama yang dilakukan adalah mendaftar dan membuat akun DigitalOcean. Kunjungi situs resmi mereka dan ikuti proses pendaftaran dengan mengisi detail yang diperlukan. Jika sudah ada akun DO, silakan Anda lakukan login baik dengan email ataupun Google.

2. Memilih Spesifikasi Droplet

Pilih jenis Droplet (VPS) yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda, termasuk CPU, RAM, dan ruang penyimpanan.

3. Memilih Sistem Operasi

Pilih sistem operasi yang diinginkan, seperti Ubuntu, CentOS, atau Debian, untuk Droplet Anda.

4. Menambahkan Autentikasi

Tambahkan SSH Key atau password saat metode autentikasi untuk keamanan akses ke Droplet Anda.

5. Menginstal Software Penting

Instal perangkat lunak yang diperlukan seperti web server (misalnya Nginx atau Apache), database (seperti MySQL atau PostgreSQL), dan bahasa pemrograman yang dibutuhkan.

Harga VPS di DigitalOCean

Harga VPS di DigitalOcean sendiri pun bermacam-macam, berdasarkan situs resminya Droplets (VPS) dimulai dari 4$ per bulan. Ini juga termasuk beberapa fitur di dalamnya seperti Deploy dalam beberapa detik. Ada Droplets Basic Droplets dengan spesifikasi Regular dengan Memory 512MiB, vCPU 1 vCPU, Transfer 500GiB, SSD 10GiB hingga harga per bulannya. CPU-Optimized Droplets, General Purpose Droplets dan juga Memory-Optimized Droplets.

Intinya, harga bisa menyesuaikan tergantung spesifikasi yang Anda butuhkan dan untuk apa VPS tersebut dibangun.

Cara Membuat VPS di DigitalOcean Terbaru

Adapun beberapa langkah dalam cara membuat vps di DigitalOCean. Silakan simak langkah demi langkah berikut agar tidak ketinggalan satu hal apapun:

1. Kunjungi halaman DigitalOcean atau langsung klik di browser www.digitalocean.com dan arahkan kursor ke Log in


2. Silakan login dengan menggunakan data yang sudah Anda daftarkan ke DigitalOcean lalu klik Login


3. Akan muncul halaman verifikasi ke email, buka email Anda dan cek apakah kode dari DigitalOcean sudah masuk. Dan masukkan 6 digit kode ke kolom dan centang Trust this device for 60 days lalu klik Verify Code


4. Apabila berhasil maka Anda akan melihat dashboard first-project


5. Pilih menu Create berwarna di pojok kanan atas dan klik Droplets.


Droplets sendiri merupakan istilah khusus untuk instans VPS di lingkungan DigitalOcean. Sehingga satu Droplet adalah satu VPS.

6. Pada halaman Create Droplets Silakan pilih server terdekat dengan Indonesia yakni Singapore dan Datacenter juga Singapore > Datacenter > SGP1


7. Selanjutnya kita perlu memilih image yang bakal digunaka, image ini adalah sistem operasi termasuk aplikasi-aplikasi standar yang nantinya akan dipasang di VPS. Nah, pada menu Choose an Image pilih OS Ubuntu Version 24.04 (LTS) x64


8. Pada menu Choose Size dan Droplet Type Shared CPU klik Basic, CPU Options> Premium Intel dan harga $16/mo


9. Berikutnya pada menu Choose Authentication Method pilih Password dan silakan buat password root baru untuk VPS yang akan dideploy. Catatan: Pembuatan password musti mengandung 8 karakter panjang, 1 huruf besar, 1 angka, dan tidak diakhiri dengan nomor atau karakter khusus. Setelah itu klik Create Droplet.


10. Tunggu hingga proses pembuatan Droplet VPS selesai. Seperti yang ditampilkan pada gambar.


11. Droplet  vps OS Ubuntu tadi pun berhasil dibuat dengan ditandai keterangan Happy coding! Di sini Anda sudah berhasil menginstal VPS Droplet, selanjutnya Anda perlu menghubungkan VPS ke SSH.


12. Selanjutnya Anda perlu menghubungkan VPS Droplet Anda via PuTTY di Windows. Buka PuTTY dan masukkan IP Droplet di kolom hostname atau IP Address dan isi port 22 lalu Open. Pastikan IP Droplet yang dimasukkan di Konfigurasi PuTTY sama.


13. Nantinya akan muncul jendela konfirmasi fingerprint dan silakan klik Accept.


14. Akan tampil jendela login sebagai Root


15. Silakan masukkan password root yang sudah dibuat untuk IP Droplet tersebut


16. Jika sudah berhasil login ke Droplet maka tampilannya pun akan seperti di gambar berikut.


17. Setelah itu silakan melakukan update sistem operasi Ubuntu dan seluruh komponen di dalamnya dengan mengetikkan perintah sudo apt update lalu enter.


18. Kita juga perlu menginstal Apache (Web Server) dengan mengetikkan perintah sudo apt install apache2 dan tekan enter.


19. Konfirmasi dengan ketik huruf Y (yes)


20. Tunggu hingga proses instalasi Apache (Web Server) selesai.


21. Setelah proses selesai maka bisa langsung buka web browser. Di sini saya menggunakan mozilla firefox dan ketikkan IP Droplet VPS di pencarian yakni 128.199.148.223


22. Apabila berhasil maka akan tampil Apache2 web server. Selesai.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai cara membuat VPS di DigitalOcean. Menghadapi kesulitan teknis saat membuat VPS bisa sangat menyulitkan dan membuat frustrasi. Banyak pengguna merasa bingung dengan langkah-langkah yang harus diambil, yang sering kali menghambat kemajuan proyek mereka. Namun, dengan panduan ini, Anda sekarang memiliki instruksi yang jelas dan terstruktur tentang cara membuat VPS di DigitalOcean. 

Langkah-langkah yang dijelaskan di atas akan membantu Anda melalui proses dengan lebih mudah, memungkinkan Anda untuk segera memanfaatkan VPS yang handal dan efisien. Dengan pengetahuan ini, Anda siap mengatasi tantangan dan memaksimalkan penggunaan VPS Anda. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat VPS di DigitalOcean"