Cara Modifikasi Tampilan LinkMagz

Cara Modifikasi Tampilan LinkMagz - Linkmagz merupakan salah satu template Blogger yang sangat populer di Indonesia. Dibuat oleh mas Sugeng, salah satu dari sekian banyak Blogger ternama yang ada di Indonesia. Dari segi tampilan, LinkMagz menawarkan desain yang simple, tapi tetap keren.

Ditambah dengan adanya berbagai fitur menarik seperti postingan khusus unutuk produk dan jasa, ‘dark mode’, dan fitur-fitur lain membuat banyak blogger tertarik untuk menggunakan template ini.

Selain itu, LinkMagz juga bisa dimodifikasi untuk membuat fitur atau tampilan baru. Dan berikut adalah cara modifikasi tampilan LinkMagz.

Review Template LinkMagz

Sebelum membahas tentang cara memodifikasi template LinkMagz, terlebih dahulu saya akan memberikan review singkat mengenai template LinkMagz. Dari segi tampilan, template ini mengusung desain bergaya magazine yang terlihat minimalis dan keren. 

Dengan layout dua kolom, di mana satu kolom sidebar di bagian kanan digunakan untuk menampilkan popular post. Sedangkan kolom utama digunakan untuk menampilkan postingan-postingan terbaru.

Perpaduan warna abu-abu dan biru tua, dengan sedikit aksen hitam membuat template ini terlihat kalem dan sedap dipandang mata. 

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa LinkMagz juga memiliki berbagai fitur yang menarik. Salah satunya adalah fitur untuk membuat semacam toko online, yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk atau jasa. 

Fitur ini mungkin sama seperti fitur woocommerce yang ada pada wordpress. Tinggal berikan saja label ‘produk’ atau ‘jasa’ pada postingan Anda, maka secara otomatis template LinkMagz akan menampilkan postingan tersebut seperti produk di e-commerce.

Modifikasi Tampilan LinkMagz Versi The Last Tutorial

Meskipun secara default tampilan LinkMagz sudah sangat bagus. Namun developernya tetap memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memberikan sentuhan personal pada template blognya. 

Untuk mendukung hal tersebut, mas Sugeng selaku developer membuat template LinkMagz support desainer tema blogger. Itu artinya Anda bisa memodifikasi template ini secara langsung melalui desainer tema, tanpa harus memiliki skill coding terlebih dahulu.

Perlu diketahui, desainer tema adalah salah satu fitur unggulan dari Blogger yang memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengubah tampilan tema secara langsung melalui editor yang sudah disediakan, tanpa harus memodifikasi template dari source code-nya.

Untuk melakukan modifikasi tampilan LinkMagz melalui desainer tema blogger, caranya sangat mudah sekali. Dan berikut adalah panduan lengkapnya.

[Panduan Lengkap] Cara Modifikasi Tampilan LinkMagz Melalui Desainer Tema

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke dashboard blogger terlebih dahulu dengan mengunjungi situs web "Blogspot". Buka browser web pilihan Anda dan ketik "Blogspot.com" di bilah alamat browser. Tekan Enter, dan Anda akan dibawa ke tampilan halaman utama Blogspot.

Setelah, Anda berada di tampilan halaman utama Blogspot. Silahkan Anda klik "LOGIN" untuk masuk ke halaman dashboard blogspot untuk Modifikasi Tampilan LinkMagz.

Selanjutnya, Anda tinggal masukan "Email" yang telah Anda buat blog atau website di blogspot dan klik tombol "Berikutnya".

Silahkan masukan "Kata Sandi Email" yang Anda buat dengan benar dan klik tombol "Selanjutnya".

Setelah Anda berhasil login dan berada di halaman dashboard blogspot. Silakan Anda tinggal klik menu "Tata Letak" seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya, Anda tinggal klik "Designer Tema" seperti gambar bawha ini.

Setelah masuk ke halaman "Desainer Tema", berarti kita sudah siap untuk melakukan modifikasi pada template linkmagz. Penjelasan di bagian ini mungkin sedikit kompleks. Tapi tenang saja, karena saya juga sudah menyediakan panduan dalam bentuk gambar yang bisa Anda ikuti.

Selanjutnya Anda tinggal klik menu "Lanjutan" untuk Modifikasi Tampilan LinkMagz seperti gambar di bawah ini

Setelah Anda berada menu "Lanjutan" Anda tinggal klik bagian "Dimensi". Bagian ini berfungsi untuk mengatur ukuran atau dimensi pada tampilan blog.

Anda bisa ikuti settingan yang ada pada gambar. Yakni 110px pada bagian lebar template, 48px pada bagian tinggi header, dan 50px pada bagian tinggi menu. Atau Anda juga bisa mengatur ukurannya sesuai dengan keinginan.

Masih di menu yang sama, selanjutnya kita akan atur bagian "Background Header". Bagian ini berfungsi untuk mengatur warna background pada header template LinkMagz Anda. Anda bisa memilih warna background sesuai selera Anda sendiri dan bisa dari warna yang sudah disediakan, atau bisa juga memilih warna sendiri.

Jika sudah, pada "Bagian Header Samping" silakan aktifkan toggle "Transparan" sesuai dengan panduan yang diberikan.

Jika sebelumnya kita sudah mengatur warna header, sekarang kita akan atur warna pada bagian "Background Menu". Anda bisa mengatur warna ini pada "bagian warna menu". Silakan pilih  menu warna yang Anda sukai.

Sama seperti settingan sebelumnya, pada bagian menu "Background Menu”. Silakan Anda aktifkan toggle "Transparan" seperti gambar di bawah ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur warna tema, warna latar belakang, dan warna menu samping. Warna di bagian-bagian ini bisa diatur untuk mengikuti warna default yang sudah disediakan, atau warna custom sesuai dengan keinginan Anda sebagai pengguna template linkmagz.

Terakhir, kita akan atur bagian "Footer". Sesuai namanya, bagian ini merupakan “Kaki” atau bagian paling bawah dari template linkmagz. Sama seperti bagian-bagian lainnya, Anda juga bisa memilih warna footer sesuai dengan selera.

Pada bagian footer ini terdapat dua settingan. Yakni “warna” dan “warna hover”. Warna merupakan settingan untuk mengatur warna footer secara umum. Sementara “warna hover” digunakan untuk mengatur warna footer saat disoroti oleh kursor mouse.

Selanjutnya, Saya akan mengaktifkan toggle "Transparan" pada "Background Samping" di menu "Footer" seperti gambar di bawah ini.

Jika semua sudah diatur, tahap terakhir adalah menyimpan semua perubahan. Tinggal klik saja tombol save yang ada di pojok kanan halaman desainer tema dengan gambar icon save seperti gambar di bawah ini dan Anda tunggu prosesnya sampai selesai.

Anda telah berhasil Modifikasi Tampilan LinkMagz dengan adanya bacaan "Mengupdate setelan penyesuai dan diterapkan ke blog" dan Anda bisa klik "Tombol Kembali" di pojok atas kiri seperti gambar di bawah ini.

Kemudian klik "Lihat Blog" yang ada di bagian menu sebelah kiri untuk melihat perubahan yang terjadi pada blog Anda. 

Jika masih kurang cocok, Anda bisa melakukan modifikasi template linkmagz kembali sesuai dengan panduan yang sudah Anda ikuti sebelumnya.

Karena tampilannya yang bagus dan kaya akan fitur, template ini juga bisa dimodifikasi secara langsung dari desainer tema. Sehingga sangat memudahkan terutama untuk orang-orang yang belum memiliki skill di bidang pemrograman.

Mungkin itu saja informasi mengenai cara modifikasi template linkmagz kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Modifikasi Tampilan LinkMagz"