Cara Memposting Artikel di Blog Hanya dalam Hitungan Menit Bagi Blogger Pemula, Mau Coba?

Di era digital seperti saat ini, blog menjadi salah satu platform online yang populer untuk berbagi informasi dan membangun komunitas. Cara memposting artikel di blog sebenarnya cukup mudah karena Anda bisa mempublikasikan tulisan hanya dalam beberapa menit saja. Tentunya cara ini sangat praktis untuk diikuti oleh para blogger pemula yang masih belum begitu paham di dunia blog.

Bagi Anda yang ingin membuat dan mempublikasikan artikel, mari simak ulasan artikel lengkap berikut ini. Dengan mempublikasikan artikel secara rutin, maka visibilitas dan juga traffic blog milik Anda semakin meningkat, menarik traffic, dan membangun hubungan dengan pembaca.

Mengapa Anda Harus Memposting Artikel di Blog Anda?

Sebelum mengetahui cara memposting artikel di blog, Anda harus memahami terlebih dahulu alasan mengapa harus memposting artikel di blog, berikut beberapa di antaranya :

1. Keterbacaan Website Semakin Meningkat

Dengan memposting artikel baru secara teratur, Anda membantu meningkatkan visibilitas website di mesin pencari seperti Google. Ketika Anda mengoptimalkan artikel dengan kata kunci yang relevan dan strategi SEO yang baik, maka nantinya tulisan tersebut lebih mungkin untuk muncul di hasil pencarian yang relevan. 

Jika dilakukan secara konsisten, maka bukan tidak mungkin jika artikel Anda akan mengarah pada peningkatan traffic organic. Dalam artian, akan ada lebih banyak pengunjung potensial yang datang ke website Anda karena mencari informasi yang dibahas sesuai dengan apa yang dicarinya di search engine.

2. Membangun Komunitas

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya, blog tidak hanya berisi mengenai dunia menulis artikel saja, akan tetapi juga tentang membangun hubungan melalui pembaca. Dengan memposting konten yang bermanfaat dan menarik secara teratur, tentunya Anda dapat menarik pembaca yang relevan terhadap topik yang dibahas. 

Interaksi dengan pembaca melalui komentar, email, atau media sosial pastinya bisa membantu membangun komunitas yang aktif di sekitar blog Anda. Komunitas ini nantinya dapat memberikan umpan balik berharga, menginspirasi ide-ide baru, dan bahkan menjadi pelanggan atau pengikut setia.

3. Membangun Kredibilitas

Memposting artikel yang informatif, terperinci, dan berkualitas tinggi bahkan bisa membantu Anda membangun kredibilitas sebagai seseorang yang ahli di bidangnya. Jadi, ketika pembaca melihat bahwa Anda memiliki pengetahuan mendalam tentang topik yang dibahas maka bukan tak mungkin jika Anda cenderung dianggap sebagai sumber yang dapat dipercaya. 

Harus diingat bahwa kredibilitas ini bukan semata hanya bermanfaat untuk memperkuat reputasi profesional Anda sendiri. Akan tetapi, lebih dari itu karena kredibilitas ini dapat membuka kesempatan baru yang jauh lebih besar, misalnya saja seperti menjadi pembicara atau kontributor di acara atau publikasi terkait.

4. Dapat Menghasilkan Uang

Salah satu manfaat langsung dari memiliki blog tak lain adalah kemampuan untuk menghasilkan uang. Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, termasuk :

  • Beriklan : Anda dapat memasang iklan di blog Anda, baik melalui program iklan seperti Google AdSense atau dengan menawarkannya secara langsung kepada pemasang iklan.
  • Menjual Produk atau Jasa : Jika Anda memiliki produk fisik atau digital, atau menawarkan jasa seperti konsultasi maupun pelatihan, blog dapat menjadi platform yang baik untuk mempromosikannya.
  • Menjadi Afiliator : Dengan bergabung menjadi afiliator untuk produk atau layanan tertentu, Anda dapat memasukkan tautan afiliasi di artikel. Jadi, ketika pembaca mengklik tautan tersebut dan melakukan pembelian, Anda bisa mendapatkan komisi.
  • Membuat Konten Berlangganan : Selain ketiga hal tersebut, Anda juga dapat membuat konten berlangganan eksklusif untuk para pembaca yang membayar langganan bulanan atau tahunan.

Panduan Menulis Hingga Cara Memposting Artikel di Blog Bagi Para Pemula

Memulai blog bisa menjadi cara yang bagus untuk berbagi ide, pemikiran, dan pengalaman Anda dengan dunia. Blogger adalah platform yang populer dan mudah digunakan untuk membuat blog gratis. Berikut adalah panduan lengkap langkah demi langkah untuk membuat tulisan di platform Blogger hingga proses postingnya bagi para pemula :

1. Temukan Niche atau Topik Blog Anda

Langkah pertama yang begitu krusial mengenai proses penulisan artikel yaitu dengan menentukan niche atau topik blog Anda. Singkatnya, niche sendiri merupakan topik khusus yang nantinya akan menjadi fokus utama blog Anda. Hal ini sangat penting karena akan membantu Anda menarik audiens yang tertarik dengan topik tersebut.

Dalam hal ini,  Anda harus mempelajari apa yang disukai dan diketahui dengan baik untuk menghasilkan tulisan yang mendalam. Niche yang ideal sebaiknya memang berasal dari sesuatu yang Anda minati dan ingin dipelajari lebih lanjut. Hal ini akan membuat proses menulis dan blogging menjadi jauh lebih menyenangkan ke depannya.

Di samping itu, lakukan riset yang mendalam untuk melihat apakah niche yang Anda pilih memiliki audiens yang cukup besar atau tidak. Anda dapat menggunakan tools seperti Google Trends untuk melihat seberapa banyak orang yang mencari topik tersebut.

Cari tahu juga berapa banyak blog lain yang ada di niche Anda yang mana bisa menjadi tolak ukur analisis membuat artikel yang lebih baik. Jika ada banyak pesaing, Anda mungkin perlu mempersempit niche atau justru malah menemukan celah untuk menonjolkan diri.

2. Riset Kata Kunci yang Relevan

Setelah Anda menentukan niche, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mencari kata kunci untuk menemukan keyword yang relevan dengan topik. Kata kunci ini sangat berperan penting karena bisa membantu orang menemukan blog Anda di mesin pencarian. 

Kini, ada banyak sekali tools riset kata kunci gratis dan berbayar yang tersedia sehingga bisa Anda pilih secara bebas, misalnya saja seperti Google Keyword Planner dan SEMrush. Kedua contoh tools ini dapat membantu Anda menemukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan tingkat persaingan rendah.

Selain itu, Anda juga bisa memilih menggunakan jenis kata kunci long tail untuk penulisan artikel blog. Singkatnya, jenis keyword long tail sendiri merupakan model frasa kata yang jauh lebih spesifik dengan persaingan yang sedikit. Kata kunci ini sangat penting untuk digunakan karena sangat efektif untuk menjangkau pengunjung yang benar-benar tertarik dengan konten Anda.

Masukkan kata kunci Anda secara natural ke dalam judul, subheading, dan juga konten artikel supaya tidak terkesan memaksa. Namun, perlu Anda perhatikan juga untuk mhindari keyword stuffing yakni  penggunaan kata kunci yang berlebihan karena Anda bisa mendapatkan penalti dari mesin pencari.

3. Pilih Penggunaan Bahasa yang Tepat Bagi Audiens

Saat menulis artikel, Anda wajib menggunakan bahasa yang menarik dan juga mudah dipahami oleh para pembaca nantinya. Selalu hindari penggunaan jargon atau bahasa yang terlalu teknis akan tetapi sesuaikan dengan pembaca Anda sendiri.

Dengan kata lain, tulislah seolah-olah Anda sedang berbicara dengan orang yang dikenal supaya gaya bahasanya terkesan lebih mengalir. Gunakan bahasa yang lugas dan hindari kalimat yang rumit supaya para pembaca Anda tidak malas membaca tulisan artikel yang telah dibuat. Aplikasikan contoh maupun beberapa fakta nyata supaya artikel Anda terlihat lebih menarik dan mudah diingat.

4. Gunakan Teknik Penulisan SEO (Search Engine Optimization)

Pada dasarnya, Optimasi SEO (Search Engine Optimization) sendiri merupakan proses meningkatkan peringkat blog Anda di search engine. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan SEO blog, misalnya saja seperti :
  • Penggunaan Kata Kunci yang Relevan : Masukkan kata kunci Anda ke dalam judul, subheading, meta description, dan konten artikel Anda.
  • Bangun Backlink : singkatnya, backlink adalah tautan dari situs web lain ke blog Anda. Semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat blog di mesin pencari.
  • Gunakan Gambar dan Video : Anda harus tahu bahwa gambar dan video dapat membantu membuat artikel jauh lebih menarik dan informatif. Pastikan untuk mengoptimalkan gambar dan video Anda dengan kata kunci yang relevan.
  • Buat Artikel yang Berkualitas : Mesin pencari lebih menyukai situs web dengan konten yang berkualitas. Untuk itu, pastikan tulis artikel yang informatif, bermanfaat, dan menarik.

5. Lakukan Penyuntingan dan Revisi

Sebelum menerbitkan artikel, pastikan Anda sudah mengedit dan merevisinya dengan cermat. Periksa kesalahan tata bahasa dan ejaan, dan pastikan artikel mudah dibaca dan dipahami, dalam hal ini Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut :
  • Minta Orang Lain Membaca Artikel Anda : Mintalah teman, keluarga, atau kolega untuk membaca artikel Anda dan memberikan umpan balik.
  • Gunakan Tools Proofreading : Ada banyak tools proofreading online yang dapat membantu Anda menemukan kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  • Perhatikan Keterbacaan : Pastikan artikel Anda disusun dengan format penulisan yang baik dan mudah dibaca. Gunakan font yang mudah dibaca, spasi yang cukup, dan heading yang jelas.

6. Gunakan Tag dan Kategori

Sebelum melangkah mengenai cara memposting artikel di blog, gunakan tag dan kategori untuk membantu mengatur konten yang telah dibuat. Singkatnya, tag adalah kata kunci yang terkait dengan artikel Anda, sedangkan kategori adalah kelompok artikel yang terkait satu sama lain.

Coba gunakan tag yang spesifik dan relevan dengan konten artikel Anda dan hindari yang terlalu umum. Anda dapat menggunakan banyak tag untuk setiap artikel. Hal ini akan membantu orang menemukan artikel Anda melalui pencarian tag.

Buat kategori yang terstruktur dengan baik untuk mengelompokkan artikel Anda dan manfaatkan hierarki untuk mengelompokkan artikel yang terkait erat. Selain itu, gunakan tag dan kategori secara konsisten di seluruh blog Anda untuk membantu mesin pencari memahami struktur situs web.

7. Tambahkan Backlink

Dalam hal ini, backlink merupakan tautan dari situs web lain ke blog Anda atau sebaliknya, di mana hal ini dapat membantu meningkatkan peringkat SEO blog. Coba kirimkan link artikel Anda ke situs web lain yang mana masih berhubungan dengan niche supaya tidak dianggap spam. Selain itu, Anda juga bisa berpartisipasi dalam komunitas online yang terkait dengan niche Anda untuk bertukar link. 

Di sisi lain, Anda juga bisa meninggalkan jejak link atau tautan saat berkomentar di blog orang lain. Sebagai saran tambahan, coba minta teman maupun orang-orang terdekat yang memiliki situs website atau sosial media untuk saling mempromosikan blog milik Anda itu tadi. Setelah itu, Anda bisa langsung menuju tahap berikutnya yakni mengenai cara memposting artikel di blog.

8. Jadwalkan Waktu Posting

Untuk mempostingnya, Anda tinggal mengeklik tombol berwarna oranye yang bertuliskan PUBLIKASIKAN yang terletak di bagian pojok kanan atas. Setelah itu, jadwalkan waktu postingan Anda untuk membantu Anda tetap konsisten dan menerbitkan konten baru secara teratur untuk menarik dan mempertahankan audiens. 

Coba pilih hari dan waktu terbaik untuk menerbitkan artikel Anda berdasarkan audiens target yang dituju. Gunakan tools penjadwalan seperti halnya Hootsuite atau Buffer untuk menjadwalkan postingan Anda agar terstruktur. 

9. Bagikan di Media Sosial

Bagikan artikel Anda di media sosial untuk membantu menjangkau audiens yang lebih luas dan coba untuk bergabung dengan grup dan forum online yang terkait dengan niche serupa. Gunakan platform media sosial yang tepat untuk niche Anda. Misalnya, jika Anda seorang blogger fashion, Anda mungkin ingin fokus pada Instagram dan Pinterest.

Jadi, itu dia ulasan artikel lengkap mengenai panduan penulisan hingga cara memposting artikel di blog untuk para blogger yang masih pemula. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung lagi menulis artikel yang berkualitas dan juga menerbitkannya supaya bisa dibaca banyak orang.

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Traffic Artikel di Blog?

Memiliki blog dengan traffic yang tinggi memang merupakan impian bagi semua blogger baik itu yang masih pemula maupun profesional. Semakin banyak pengunjung yang datang, tentunya peluang untuk mencapai tujuan blog akan meningkat. Bagi Anda yang ingin meningkatkan traffic artikel di blog, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini supaya semakin paham!

1. Daftarkan ke Google Ads

Manfaatkan akun Google Ads dan buat kampanye di sini setelah itu tentukan jenis iklan yang ingin Anda jalankan. Dalam hal ini Anda bisa memilih iklan teks, display, video, dan lain sebagainya lalu atur target audiens, tentukan anggaran maupun tawaran Anda. Pantau kinerja kampanye Anda dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk mengoptimalkan hasilnya.

2. Adakan Kontes/Giveaway

Pilih hadiah yang menarik bagi target audiens Anda termotivasi untuk berpartisipasi dengan harapan memenangkan hadiah. Promosikan kontes/giveaway di blog Anda, media sosial, maupun email Anda serta buat aturan yang jelas dan mudah diikuti untuk partisipasi. 

3. Kolaborasi dengan Blogger Lain

Melakukan kolaborasi dengan blogger lain dapat membantu Anda menjangkau audiens baru dan meningkatkan kredibilitas Anda. Hubungi para blogger yang potensial dan ajukan ide kolaborasi bersama serta pastikan kolaborasi keduanya saling menguntungkan dan bermanfaat.

4. Gunakan Influencer Marketing

Sampai saat ini, influencer marketing kerap digunakan karena dapat membantu Anda menjangkau audiens yang luas dan tertarget dengan cepat dan mudah. Bekerjasamalah dengan influencer di niche Anda yang memiliki banyak pengikut setia yang tertarik dengan konten Anda.

5. Selalu Ikuti Trend Terbaru

Tetap up-to-date dengan trend terbaru di niche Anda dapat membantu Anda membuat konten yang relevan dan menarik bagi audiens Anda. Pastinya hal ini dapat meningkatkan traffic blog dan membuat Anda tetap terdepan dari competitor yang lainnya.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini secara konsisten, pastinya Anda dapat meningkatkan traffic artikel blog dan mencapai tujuan dengan tepat. Ingatlah untuk bersabar dan teruslah melakukan eksperimen untuk menemukan apa yang paling cocok untuk blog Anda, selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Memposting Artikel di Blog Hanya dalam Hitungan Menit Bagi Blogger Pemula, Mau Coba?"