Cara Membuat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog

Cara Membuat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog - Pada era digital saat ini, menjaga agar blog Anda terorganisir dan mudah dinavigasi adalah hal yang sangat penting. Salah satu cara untuk memastikan hal ini terjadi adalah dengan cara membuat sitemap HTML untuk halaman daftar isi blog. 

Sitemap atau daftar isi halaman blog Anda. Penggunaan sitemap atau daftar isi halaman pada Blogging merupakan faktor penting untuk membantu pengunjung menavigasi blog dengan mudah. Sitemap berfungsi sebagai panduan yang memberikan gambaran keseluruhan konten dan struktur halaman blog. 

Dengan menyediakan sitemap, pengunjung dapat dengan cepat menemukan artikel atau halaman yang mereka cari, meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu meningkatkan keterlibatan dengan konten Anda.

Namun sebelum mempelajari cara membuat sitemap HTML untuk halanan daftar isi blog, pahami terlebih dahulu mengenai blogger itu sendiri. Blogger adalah salah satu platform blogging yang populer dan gratis yang dimiliki oleh perusahaan teknologi Google. 

Ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola blog mereka dengan mudah dan tanpa perlu pengetahuan mendalam tentang pemrograman atau pengembangan web. Blogger menawarkan berbagai fitur dan alat yang memudahkan para pengguna dalam membuat dan mendesain blog mereka. 

Dengan Blogger, pengguna dapat dengan cepat membuat postingan, mengunggah gambar dan video, serta mengatur tata letak blog mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah bagaimana cara membuat sitemap HTML untuk halaman daftar isi blog menggunakan platform Blogger. 

Melalui artikel ini, anda juga akan mendapatkan panduan yang jelas dan rinci tentang cara membuat sitemap HTML untuk halaman daftar isi blog menggunakan platform Blogger. 

Langkah-Langkah Membuat Sitemap HTML Untuk Halaman Daftar Isi Blog

Langkah pertama dalam Membuat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog adalah mengunjungi situs web "Blogspot" terlebih dahulu. Buka browser web pilihan Anda dan ketik "Blogspot.com" di bilah alamat browser. Tekan "Enter", dan Anda akan dibawa ke tampilan halaman utama Blogspot.

Setelah, Anda berada di tampilan halaman utama Blogspot. Silahkan Anda klik "LOGIN" untuk masuk ke halaman dashboard blogspot untuk Membuat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog.


Setelah klik “Login”, Anda akan diarahkan pada halaman login Google. Pertama, masukkan alamat "Email" yang ingin Anda buat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog Anda dan klik tombol "Selanjutnya".

Setelah itu, Anda diarahkan untuk mengisi "Password" akun Google yang Anda gunakan untuk masuk ke platform blogger. Masukkan password dan pastikan password sudah benar, kemudian klik "Selanjutnya".

Setelah berhasil login, "Anda akan diarahkan untuk masuk ke dalam dashboard blogger"dan untuk Cara Membuat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog selanjutnya adalah dengan klik menu "Halaman" seperti gambar di bawah ini.

Nah disini Anda sudah memiliki tiga halaman di buat. Untuk membuat Halaman baru Anda cukup  klik tombol "+ HALAMAN BARU" seperti gambar di bawha ini.

Setelah membuat halaman baru, Anda akan melihat tampilan editor dengan berbagai fitur pengeditan di atas. Anda dapat menyesuaikan tata letak, menambahkan gambar, atau melakukan perubahan lainnya sesuai keinginan Anda. Namun, dalam hal ini, kita akan fokus pada membuat halaman Privacy Policy di blog menggunakan HTML.

Langsung ajah Anda klik "Icon pensil" seperti gambar di bawah ini.

Sekarang, pilih menu "Tampilan HTML" di toolbar editor. Ini akan mengubah mode editor ke mode HTML, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan kode HTML khusus untuk Membuat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog Anda Sendiri.

Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengisi judul halaman blog terlebih dahulu. Dengan mengisi judul "Sitemap atau Daftar isi".

Untuk mendapatkan Code Sitemap atau Daftar Isi Anda bisa Salin code nya terlebih dahulu melalui link CODE SITEMAP.  Silahkan Anda Klik link tersebut dan "Anda cukup Copy code Sitemapnya" dengan menekan CTRL + C di keyboard Anda

Setelah Anda mendapatkan code sitemapnya. Langsung ajah Anda tekan tombol "CTRL + V" pada keyboard di halaman kosong seperti gambar di bawah ini.

Untuk melakukan proses publikasi, Anda bisa klik kolom "Publikasikan" berwarna orange dan terdapat logo pesawat kertas. Tombol tersebut berada pada bagian kanan atas halaman seperti gambar di bawah ini. 


Kemudian akan muncul pernyataan "Tindakan ini akan memublikasikan halaman ini ke blog Anda"

Terdapat dua kolom yang berisi "BATALKAN" dan "KONFIRMASI", pada bagian ini kamu harus memilih "KONFIRMASI" agar file tersebut dapat dipublikasikan. 

"Selamat! Anda telah Berhasil Membuat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog". Yang dimana Anda bisa langsung melihat hasil halaman Daftar Isi Blog dengan klik tombol "tinjau pada logo icon mata" seperti gambar di bawah ini.

Nah "Anda bisa melihat hasil Sitemap yang telah Anda buat" seperti gambar di bawah ini.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai Cara membuat sitemap HTML untuk halaman daftar isi blog menggunakan Blogger. Perlu Anda ketahui juga jika membuat sitemap HTML yang mengandalkan blogger ini termasuk cara yang efektif untuk memastikan agar blog Anda terorganisir dan mudah dinavigasi oleh pengunjung. 

Ikuti langkah cara membuat sitemap HTML untuk halaman daftar isi blog di atas dengan cermat, dan pastikan Anda mempublikasikan halaman sesuai dengan keinginan Anda. Dengan memiliki sitemap yang baik, pengunjung akan lebih mudah menemukan konten yang mereka cari dan blog Anda akan terlihat lebih profesional. Semoga, dari ulasan di atas Anda bisa mengetahui lebih banyak memgenai blogger ya. Selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Sitemap HTML untuk Halaman Daftar Isi Blog"