Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog

Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog - Melihat laju dunia digital yang semakin pesat, memanfaatkan blog untuk bisnis merupakan tindakan yang bijak. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika menggunakan blog dengan baik. Namun pernahkah kamu mendengar istilah disclaimer pada blog? Seperti apa pula cara membuat halaman disclaimer tersebut? 

Sebelumnya kamu harus tahu apa itu disclaimer pada sebuah blog dan seperti apa saja fungsinya. Disclaimer sendiri merupakan sebuah dokumen yang berisikan tentang himbauan terhadap pengunjung terkait informasi yang kamu bagikan. Adanya disclaimer bisa membuat hubungan kamu dan pengunjung semakin nyaman dan aman.

Berbicara tentang fungsi disclaimer pada sebuah blog tentu ditentukan dari jenis blog itu sendiri. Salah satu contohnya apabila kamu membangun blog terkait karya seni, maka disclaimer akan memberikan informasi seputar hak cipta dari karya tersebut. Lalu seperti apa cara membuat halaman disclaimer pada blog yang kamu miliki?

Ada langkah-langkah yang harus kamu pahami untuk membuat disclaimer blog tersebut. Beberapa diantaranya akan kamu temukan pada artikel yang kita bahas kali ini. Untuk itu terus ikuti artikel berikut sampai titik terakhir agar kamu mengetahui cara untuk membuat disclaimer blog dengan mudah!

Cara Membuat Disclaimer di Blog Dengan Mudah 

Langkah pertama dalam membuat Membuat Halaman Disclaimer di Blog adalah mengunjungi situs web "privacy policy online" terlebih dahulu.

Buka browser web pilihan Anda dan ketik "privacypolicyonline.com" di bilah alamat browser. Tekan Enter, dan Anda akan dibawa ke halaman utama privacy policy online. 

"Pada bagian tengah terdapat informasi dalam bahasa inggris yang menyambut kamu dengan lembut". Mereka memastikan Halaman Disclaimer yang kamu butuhkan dapat dibuat dengan mudah pada halaman tersebut.

Selanjutnya, "Anda bisa scroll ke bawah" dan klik pada tombol bacaan "Generate Disclaimer" untuk memulai pembuatan halaman Disclaimer di blog Anda Sendiri. 

Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengisi "Nama Judul Website Blog" dan "Alamat URL Website Blog" yang ingin Anda buat halaman Disclaimer di Blog Anda sendiri.  

Setelah Anda mengisi "Nama Judul Website Blog" dan "Alamat URL Website Blog" Anda bisa klik tombol "NEXT" untuk mengikuti langkah selanjutnya.

Setelah itu, silakan Anda isi bagian Country dengan "Negara" INDONESIA dan Anda isi bagian "State" dengan kota terdekat Anda atau memilih kota yang Anda sukaii

Selanjutnya Anda tinggal memasukan "Email" sebagai kontak jika pengujung memiliki pertanyaan dan Anda bisa di hubungin. Anda bisa langsung klik "CREATE DISCLAIMER" akan otomatis Disclaimer Anda sudah siap digunakan..

Pada tahap ini Anda telah berhasil membuat konten Disclaimer. Selanjutnya Anda bisa klik "Copy to clipboard" untuk membuat koten di halaman website blogger Anda Sendiri.

Selanjutnya, Anda bisa tekan "CTRL + T" pada keyboard untuk membuka tab baru dan Anda bisa mengetik di tab baru itu dengan bacaan "blogger.com" dan tekan "Enter".

Setelah Anda berada di halaman utama "Blogger" Anda bisa langsung klik "LOGIN" terlebih dahulu untuk masuk ke dashboard blog pribadi Anda.

Setelah klik “Login”, Anda akan diarahkan pada halaman login Google. Pertama, masukkan alamat "Email" yang ingin Anda pasang halaman privacy policy di blog Anda dan klik tombol "Selanjutnya".

Setelah itu, Anda diarahkan untuk mengisi "Password" akun Google yang Anda gunakan untuk masuk ke platform blogger. Masukkan password dan pastikan password sudah benar, kemudian klik "Selanjutnya".

Setelah berhasil login, "Anda akan diarahkan untuk masuk ke dalam dashboard blogger"dan untuk Cara Membuat Halaman Privacy Policy Blog selanjutnya adalah dengan klik menu "Halaman" seperti gambar di bawah ini.

Nah disini Anda sudah memiliki dua halaman di buat. Untuk membuat Halaman baru Anda cukup  klik tombol "+ HALAMAN BARU" seperti gambar di bawha ini.

Setelah membuat halaman baru, Anda akan melihat tampilan editor dengan berbagai fitur pengeditan di atas. Anda dapat menyesuaikan tata letak, menambahkan gambar, atau melakukan perubahan lainnya sesuai keinginan Anda. Namun, dalam hal ini, kita akan fokus pada membuat halaman Disclaimer di blog menggunakan HTML.

Langsung ajah Anda klik "Icon pensil" seperti gambar di bawah ini.

Sekarang, pilih menu "Tampilan HTML" di toolbar editor. Ini akan mengubah mode editor ke mode HTML, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan kode HTML khusus untuk membuat membuat halaman Disclaimer di Blog Anda Sendiri.

Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengisi judul halaman blog terlebih dahulu. Dengan mengisi judul "Disclaimer" dan tekan tombol "CTRL + V" pada keyboard di halaman kosong yang telah di "copy" tadi. 

Untuk melakukan proses publikasi, Anda bisa klik kolom "Publikasikan" berwarna orange dan terdapat logo pesawat kertas. Tombol tersebut berada pada bagian kanan atas halaman seperti gambar di bawah ini. 

Kemudian akan muncul pernyataan "Tindakan ini akan memublikasikan halaman ini ke blog Anda"

Terdapat dua kolom yang berisi "BATALKAN" dan "KONFIRMASI", pada bagian ini kamu harus memilih "KONFIRMASI" agar file tersebut dapat dipublikasikan. 

"Selamat! Anda telah Berhasil Membuat Halaman Disclaimer di Blogger". Yang dimana Anda bisa langsung melihat hasil halaman privacy policy blog dengan klik tombol "tinjau pada logo icon mata" seperti gambar di bawah ini.

Setelah Anda klik tinjau maka kamu akan mengetahui seperti apa tampilan dari Disclaimer blog 
Anda akan dihadapkan pada sebuah halaman yang bertuliskan "Disclaimer" di bagian atas. Lalu tulisan "Disclaimer" tepat satu baris di bawahnya.

Kesimpulan

Membuat halaman penafian untuk blog Anda merupakan langkah penting dalam membangun kepercayaan, mengelola ekspektasi, dan melindungi diri Anda secara hukum. Dengan memasukkan elemen-elemen yang diperlukan dan mengikuti format yang jelas dan ringkas, Anda dapat memberikan transparansi kepada pembaca sekaligus melindungi diri Anda dari potensi tanggung jawab. Luangkan waktu untuk membuat halaman penafian komprehensif yang mencerminkan sifat blog Anda dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan terkait.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog"