Cara Lengkap Membeli Domain di IDCloudHost

Cara Lengkap Membeli Domain di IDCloudHost - Anda bisa simak dalam artikel ini. Ini pun bisa menambah informasi bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara atau bingung dalam membeli domain terutama di penyedia layanan hosting dan domain IDCloudHost.

Pada artikel ini, Saya telah menyiapkan langkah-langkah membeli domain lengkap disertai gambar mulai dari pemilihan nama domain sampai melakukan pembayaran domain di IDCloudHost dengan mudah dan tentunya anti ribet.

Sebelum mengetahui cara membeli domain di IDCloudHost, yuk simak terlebih dahulu pengertian domain dan fungsinya.

Apa Itu Domain

Domain sendiri merupakan alamat website yang diakhiri dengan ekstensi (.com, .net, .id hingga co.id dan banyak lagi) untuk mengarahkan pengguna mengakses website dengan mudah. Apabila diibaratkan, domain adalah alamat rumah dari suatu website yang jadi arah untuk pengguna bisa mengaksesnya dengan gampang.

Selain itu, domain memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi daripada mengingat angka-angka IP Address.

Sebuah domain pun terdiri dari nama domain serta ektensinya.

Misalnya: www.google.com

"Google" dikatakan sebagai nama domain, sementara "(dot)com" disebut ekstensi domain.

Adapun ekstensi domain yang biasanya sering digunakan dan ditemukan baik invidivu hingga organisasi sebgagai berikut:

  • .com: digunakan untuk kebutuhan komersial
  • .org: digunakan untuk kebutuhan organisasi
  • .net: digunakan untuk kebutuhan internet
  • .edu: digunakan untuk kebutuhan pendidikan
  • .info: digunakan untuk kebutuhan informasi
  • .gov: digunakan untuk kebutuhan pemerintahan
  • .id: nama domain di Indonesia
  • .ac.id: lingkungan akademik/perguruan tinggi
  • .co.id: digunakan untuk kerperluan komersial
  • .sch.id: digunakan untuk keperluan sekolah
  • .go.id: digunakan untuk kepentingan instansi pemerintah
  • .site: digunakan untuk keperluan website ataupun bisnis online
  • press: situs berita, website media massa hingga website jurnalistik

Fungsi Domain

Bisa dibayangkan betapa repotnya apabila harus menyalin dan menghafal alamt IP terlebih dahulu agar bisa mengakses suatu website. Apalagi tentu jika pengguna salah memasukkan alamat IP yang bikin website tak bisa diakses maka akan semakin rumit. Karena itu, rilislah fitur domain yang mana dapat menerjemahkan kumpulan angka itu ke nama domain.

Domain memiliki beberapa fungsi yang penting dalam konteks berbagai bidang, terutama dalam dunia teknologi informasi dan internet. 

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari domain:

1. Identifikasi

Domain digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan alamat atau lokasi unik di internet. Mereka memberikan cara yang lebih mudah diingat daripada alamat IP terlebih dahulu, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses situs web atau layanan online.

2. Nama Branding

Domain dapat digunakan sebagai bagian dari strategi branding sebuah perusahaan atau organisasi. Nama domain yang mudah diingat dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan memudahkan pelanggan untuk mengingat alamat situs web perusahaan.

3. Alamat Situs Web

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses situs web. Mereka mengarahkan pengguna ke server web yang menyimpan konten situs tersebut. Sebagai contoh, "www.contoh.com" adalah domain yang digunakan untuk mengakses situs web dengan alamat tersebut

4. Komunikasi Email

Domain juga digunakan dalam alamat email. Misalnya, dalam alamat email "nama@contoh.com", "contoh.com" adalah domain yang menunjukkan di mana email tersebut akan diteruskan.

5. Server dan Hosting

Domain juga digunakan untuk menghubungkan alamat IP server dengan nama yang lebih mudah diingat. Ketika Anda memasukkan nama domain dalam peramban web Anda, sistem DNS (Domain Name System) akan mencari alamat IP yang sesuai dan mengarahkan Anda ke server yang tepat.

6. Pengamanan Merek

Domain yang relevan dengan merek bisnis dapat membantu melindungi merek tersebut dari penggunaan yang tidak sah oleh pihak lain. Pemilik merek dapat mendaftarkan nama domain yang sesuai untuk menghindari penyalahgunaan.

7. Alat Pemasaran

Domain yang mudah diingat dan deskriptif dapat digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif. Mereka dapat digunakan dalam iklan, media sosial, dan kampanye pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek.

8. Pembangunan Online

Domain adalah langkah awal dalam membangun keberadaan online. Mereka menjadi fondasi untuk situs web, toko online, blog, forum, dan berbagai jenis konten online lainnya.

9. Akses ke Layanan Online

Beberapa layanan online, seperti penyedia email, seringkali memerlukan pengguna untuk memiliki domain untuk mendaftar dan mengakses layanan tersebut.

10. Kepemilikan Aset Digital

Domain dapat dianggap sebagai aset digital yang memiliki nilai ekonomi. Domain premium dengan nama yang pendek, deskriptif, atau berpotensi tinggi dapat memiliki nilai jual yang tinggi.

Jenis-Jenis Level Domain

Setelah memahami apa itu domain dan fungsinya, kini saatnya beralih ke jenis-jenis level domain. Adapun domain terdiri dari beragam jenis domain yang terbagi pada tiga kategori antara lain Top Level Domain (TLD), Second Level Domain (SLD) dan Third Level Domain. Adapun ketiga domain ini bebas dipilih dan dipakai masing-masing website sesuai kebutuhan dan persyaratannya. Berikut ketiga jenis level domain.
  1. Top Level Domain merupakan deretan kata dibelakang nama domain seperti .com, .net, .org, .edu, .gov, .info dan lainnya. Top Level Domain terdapat dua macam yakni Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara.
  2. Second Level Domain (SLD) merupakan nama domain yang didaftarkan. Contohnya nama domain yang didaftarkan yakni websitekucoy.com, jadi websitekucoy adalah SLD dan .comnya merupakan TLD.
  3. Third Level Domain merupakan nama usai Second Level Domain. Contohnya nama domain yang dimiliki yakni websitekucoy.com, maka pengguna bisa menambahkan nama lain sebelum websitekucoy, yakni berita.websitekucoy.com atau mail.websitekucoy.com.

Lantas, bagaimana cara membeli domain di IDCloudHost? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Langkah pertama dalam Membeli Domain di IDCloudHost adalah mengunjungi situs web "IDCloudHost" terlebih dahulu. Buka browser web pilihan Anda dan ketik "IDClouHost.com"di bilah alamat browser. Tekan Enter, dan Anda akan dibawa ke tampilan halaman utama IDCloudHost.

Pada halaman utama, arahkan mouse Anda ke menu "Produk" lalu pada tab "Domain & Website" silahkan Anda klik pada bacaan bertuliskan "Domain".

Silakan ketikan "Nama Domain yang Anda ingin beli" dan klik tombol "CHECK".

Jika nama domain yang Anda beli tersedia maka statusnya "Congratulation! you domain is available" dan klik "Add to Cart"

Jika Domain sudah di pakai orang, Anda bisa memilih ekstensi domain lain seperti gambar di bawah ini.

Jika ekstensi domain yang diinginkan sudah sesuai misalnya ".COM" silakan tekan tombol "Continue" atau bisa juga langsung  klik "Checkout" tanpa memilih ekstensi lagi atau membeli domain lain nya.

Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman addons atau opsi tambahan lainnya seperti "DNS Management" dan "ID Protection"

Menariknya, IDCloudHost di sini memberikan gratis DNS Management selama setahun. Anda cukup "Centang pada kolom DNS Management" dan klik tombol "Continue".

Jika muncul "Pop Up Perhatian" Anda cukup membaca nya terlebih dahulu. Setelah membacanya dan paham Anda cukup tinggal klik tombol "X" tersebut seperti gambar di bawah ini

Apabila Anda memiliki kode promo maka Anda bisa menambahkannya pada kolom "Promotion" dan klik "Validate code" tersebut. 

Untuk mendapatkan diskon di IDCloudHost. Anda bisa melihat code promo IDCloudHost dengan mengujungi website "https://idcloudhost.com/promo/"

Selanjutnya, Anda tinggal mengisi data - data untuk membuat Account pembayaran di IDCloudHost dengan mengisi data - data seperti di bawah ini:

Personal Information

  • First Name
  • Last Name
  • Email Address = Jika belum punya Email Anda bisa baca Artikel "Cara Membuat Akun Email"
  • Phone Number

Billing Address

  • Company Name (optional)
  • Street Address dan Street Address 2
  • City
  • State
  • Postcode
  • Country

Additional Required Information

  • How did you find us?
  • Whatsapp Number

Account Security

  • Password 
  • Confirm password

Selanjutnya, Anda tinggal scroll ke bawah pada mouse. Untuk memilih metode pembayarannya, di sini saya akan menggunakan "ShopeePay" lalu "Ceklis di Kolom I have read and agree to the Term of Service" dan klik tombol "Checkout". Untuk memproses pembayaran domain yang akan Anda beli.

IDCloudHost sendiri menyediakan beragam metode pembayaran mulai "transfer ATM hingga E-Wallet" untuk memudahkan penggunanya.

Maka invoice akan diterbitkan dan Anda tinggal membayar sesuai harga yang tertera lalu klik tombol "Pay Now".

Silakan lakukan pembayaran dari "Aplikasi Shopeepay" dengan "scan kode QRIS yang telah dikeluarkan IDCloudHost"

Anda juga bisa pakai E-Wallet yang berbeda untuk melakukan pembayaran pembelian domain dengan menggunakan Scan QR yang telah di keluarkan yang sama. 

Jika berhasil maka akan tampil keterangan "SUCCESS" dengan centang hijau. Dan Anda bakal diarahkan kembali ke halaman pembayaran secara otomatis.

Pembelian domain di IDCloudHost pun berhasil dan silakan klik tombol "Continue To Client Area".

Pada pojok tengah atas Anda akan di suruh memverifikasi Akun IDCloudHost terlebih dahulu, dengan bacaan"Please check your email and follow the link to verify your email address" klik tombol "Resend Verification Email" untuk menerima code verifikasi baru.

Silakan, Anda buka Email yang telah Anda daftarkan Akun IDCloudHost. Apakah email verifikasi dari IDCloudHost udah masuk atau belum!!!.

Jika sudah masuk pesan untuk verifikasi nya. "Silahkan Anda langsuk klik "Pesan" tersebut untuk mendapatkan code link verifikasi IDCloudHost tersebut".

Apabila sudah masuk, "silakan buka email tersebut dan klik link verify email your address" seperti  gambar di bawah ini.

Jika terverifikasi selesai, Akan ada keterangan "Your email address has been verified". Silahkan Anda klik "Continue To Client Area", untuk melihat domain Anda beli udah tersedia atau belum

Selanjutnya, Anda akan berada di halaman My Dashboard  IDCloudHost. Dimana Anda bisa melihat "1 Domain", yang dimana Anda baru pertama kali membeli atau memesan domain di IDCloudHost untuk pertama kalinya. 

Silahkan Anda klik "1 Domain" tersebut untuk mengcek Domain yang Anda beli udah Aktif Atau belum.

Selamat Anda telah berhasil membeli Domain di IDCloudHost. Dengan Adanya "Status Active", maka domain Anda bisa di gunakan untuk keperluan yang Anda ingginkan.

Selamat! Anda telah mencapai bagian akhir dari panduan utama kami untuk Membeli Domain di IDCloudHost secara lengkap serta dengan gambarnya. Dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah dalam panduan ini, Anda telah berhasil Membeli Domain di IDCloudHost dan sudah Aktif.

Kesimpulan

Pastikan untuk menyimpan informasi penting, seperti detail login akun Anda dan konfirmasi pembelian domain, agar Anda dapat mengelola domain tersebut di masa mendatang. 
Memperoleh nama domain merupakan langkah penting dalam membangun kehadiran online yang kuat. Dengan platform IDCloudHost yang ramah pengguna dan layanan yang dapat diandalkan, membeli domain tidak pernah semudah ini. 

Dengan mengikuti langkah-langkah mudah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat dengan percaya diri menavigasi proses pembelian domain dengan IDCloudHost dan menyiapkan diri Anda untuk sukses di dunia digital. Mulailah membangun kerajaan online Anda hari ini!

Posting Komentar untuk "Cara Lengkap Membeli Domain di IDCloudHost "