Cara Beli E-Meterai di Skill Academy

Cara Beli E-Meterai di Skill Academy - Sebelum membahas tata cara pembelian E-Materai, ada baiknya apa yang dimaksud dengan E-Materai terlebih dahulu. Sebagaimana diketahui bahwa sejumlah dokumen resmi membutuhkan materai elektronik.

E-Materai adalah satu jenis materai berbentuk elektronik yang digunakan pada dokumen elektronik. Jenis materai ini dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah dan mempunyai unsur pengaman. Cara Beli E-Meterai di Skill Academy kini dibutuhkan untuk mendapatkan materai dalam bentuk elektronik.

Cara menggunakan E-Materai pun berbeda dengan materai dalam bentuk fisik, yakni melalui sistem tertentu. Tidak hanya berfungsi sebagai tanda sah nya sebuah dokumen elektronik, E-Materai juga memiliki fungsi lain. Misalnya untuk membayar pajak (bea materai), juga alat bukti pengadilan.

Dokumen-dokumen untuk syarat registrasi PPPK atau CASN juga membutuhkan E-Materai. Sayangnya masih banyak pendaftar yang bingung bagaimana Cara Beli E-Meterai di Skill Academy. Oleh karena itu, simak ulasan dibawah ini sampai tuntas!

Kelebihan Materai Elektronik

Sebagian besar orang masih menggunakan materai berbentuk fisik sebab belum mengetahui kelebihan E-Materai. Ada sejumlah kelebihan yang bisa didapatkan dari materai elektronik. Pertama, dari segi harga, E-Materai lebih terjangkau begitu pula pembeliannya.

Pengguna bisa mendapatkannya dengan Cara Beli E-Meterai di Skill Academy. Jadi tidak perlu lagi membeli dan menempel materai fisik pada dokumen. Kelebihan kedua, E-Materai lebih efisien dan praktis digunakan.

Dimana pengguna hanya membayar materai elektronik sebanyak dokumen yang akan dikirim. Sementara pengguna harus membeli sejumlah materai fisik dengan harga yang relatif mahal padahal belum tentu semua terpakai.

Akan tetapi, materi elektronik bisa saja palsu, jadi dibutuhkan pemeriksaan keaslian terlebih dahulu. Dengan Cara Beli E-Meterai di Skill Academy pengguna tidak perlu khawatir, sebab sudah terjamin keasliannya. Untuk menghindari kemungkinan E-Materai palsu, pengguna bisa juga melakukan pengecekkan dengan mengamati ciri-ciri dari E-Materai.

Tingkat keabsahan dokumen bermaterai fisik dengan materai elektronik mempunyai kedudukan yang sama. Sehingga menggunakan E-Materai tidak akan mengurangi baik segi fungsi maupun keabsahan dokumen.

Usai melakukan Cara Beli E-Meterai di Skill Academy dengan benar, pengguna sudah bisa memperoleh bea materai atas dokumen. Seiring berjalannya waktu, tentunya kebutuhan akan E-Materai dan dokumen elektronik terus meningkat. Jadi, penting untuk memahami fungsi, ciri, cara pembelian, serta cara penggunaannya.

Ciri-ciri E-Materai

Kehadiran E-Materai menjadi alternatif atas kebutuhan pemasangan materai pada dokumen fisik. Digitalisasi materai ini memudahkan pengguna sebab terasa lebih praktis. Ciri yang paling menonjol yakni bentuk materai persegi dengan warna dominan merah muda.

Sebelum mengetahui Cara Beli E-Meterai di Skill Academy, pengguna harus mengetahui ciri keaslian materai. Selain tertera angka dan tulisan Sepuluh Ribu Rupiah, terdapat kode unik yang menjadi ciri khasnya. Masing-masing E-Materai mempunyai nomor seri yang berbeda sebagai pengamanan dan bukti keaslian.

Ciri lain yang perlu diperhatikan yakni lambang Garuda sebagai elemen pengaman, serta keterangan bertulis Materai Elektronik. Yang mana berfungsi sebagai legitimasi atas transaksi elektronik yang dilakukan.

Cara Mudah Membeli E-Materai di Skill Academy

Tidak perlu khawatir, karena E-Materai bisa diperoleh dengan sangat mudah secara online. Nah, dibawah ini cara membeli E-Materai di Skill Academy.

Langkah awal, buka laman resmi dari Skill Academy dan pastikan perangkat sudah terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Jika sudah, klik Beli e-Materai pada menu Program dan Fitur Unggulan.

Selanjutnya user akan diarahkan pada halaman pembelian. Cara membeli E-Materai di Skill Academy, yakni temukan menu "Beli E-Materai" (kolom warna hijau tosca) seperti gambar di bawah ini. Silahkan Anda Klik menu beli E-Materai untuk proses pembelian E-Materai di Skill Academy.

Apabila belum mempunyai akun, silahkan untuk melakukan "Registrasi" terlebih dahulu dengan klik menu "Daftar" di samping menu "Masuk". Caranya sangat mudah, cukup isi data diri seperti :
  • Nama Lengkap 
  • Email ( untuk login Id) 
  • Konfirmasi Email 
  • Nomor Handphone 
  • Kata Sandi 
  • Konfirmasi Kata Sandi 
  • Serta Ceklis Pada Kolom Dengan menandai kotak di samping, Anda telah membaca dan menyetujui Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi 
Setelah Anda mengisi data - data Anda dengan benar Anda cukup klik "Daftar" pada tombol Warna hijau tosca tersebut. Pastikan data diri berupa nama, email, serta nomor telepon dengan benar

Jika proses registrasi sudah selesai, maka pengguna akan masuk pada tampilan akun pribadi Skill Academy.  Silahkan Anda klik menu "Beli E-Materai" pada kolom "Program dan Fitur Unggulan".

Lanjutkan cara membeli E-Materai di Skill Academy dengan memilih klik "Beli E-Materai" pada tombol warna hijau tosca tersebut. Dengan demikian maka pembelian materai elektronik akan segera diproses.

Berikutnya pengguna akan dibawa pada halaman pembelian atau pada halaman bayar.skillacademy.com

Pada halaman ini, "pengguna bisa memilih jumlah E-Materai yang ingin di beli dan sesuai kebutuhanya dengan klik salah satu kolom paket yang ingin di beli". Setelah memilih jumlah materai digital, silahkan Anda klik menu "Beli" pada tombol warna hijau tosca.

"Pastikan jumlah yang ingin di beli E-Materai sesuai kebutuhan Anda". Cara Membeli E-Materai di Skill Academy berikutnya dengan memilih metode pembayaran. 

Silahkan Anda klik tombol "Pilih Metode Bayar" jika sudah menyetujui syarat dan ketentuan pembelian.

Jika sudah, pengguna akan dibawa pada halaman "Metode Pembayaran". Selain menggunakan "QRIS", "pengguna juga bisa melakukan pembayaran melalui E-Wallet Shopee Pay atau Gopay". 

Silahkan Anda klik "QRIS" dan Klik "Gunakan Metode Ini" pada tombol warna hijau tosca tersebut. 

Segera selesaikan pembayaran selama jangka waktu yang diberikan. Usai mengikuti cara membeli E-Materai di Skill Academy di atas, "maka akan muncul pemberitahuan pembayaran telah berhasil". Silahkan Anda melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Tekan tombol "Lihat Riwayat Pembelian" untuk melihat apakah transaksi sudah selesai.

Anda Akan melihat bacaan "Transaksi Selesai" yang dimana Anda telah berhasil Membeli E-Materai di Skill Academy. Untuk Langkah selanjutnya Anda tinggal "E-Materai Saya" untuk mengcek apa E-Materai kita beli sudah tersedia atau belum.

Jika cara membeli E-Materai di Skill Academy telah berhasil, silahkan klik menu "Pembubuhan E-Materai"

Jika sudah, pilih sub menu Upload Dokumen untuk mengunggah dokumen yang sudah di scan serta udah di tanda tangan  file document untuk di pasang materai sesuai kebutuhan anda sendiri.. 

"Anda bisa melihat contoh cara meletakkan E-Materai dan tanda tangan dengan benar seperti pada gambar di bawah ini". Jika sudah paham cara meletakan tanda tangan E-Materai dengan benar. 

Anda bisa langsung klik "Checklist" pada kolom syarat dan ketentuan dan tekan tombol "Lanjutkan".

Pada tahap ini pengguna harus melengkapi data terkait dokumen yang inggin di pasang E-Materai seperti "Jenis Instansi" dan "Instansi". Silahlkan Anda klik "Upload Document file" yang inggin Anda pasang E-Materai.

Saya ingatkan File Anda terlebih dahulu di scan dan di tanda tangan untuk melakukan pembubuhan E-Materai" tersebut. 

Silahkan Anda cek terlebih dahulu, "Apa file document sudah sesuai untuk di pasang E-Materai nya"

Jika file sudah sesuai silahkan Anda klik "Tambahkan E-Materai" pada warna hijau tosca seperti gambar di bawah ini..

Selanjutnya Anda tinggal pasang E materi di samping tanda tangan Anda di kiri seperti gambar di bawah ini. 

"Silahkan Anda perhatikan dengan baik baik sebelum klik Preview Pembubuhan E-Materai" tersebut. Jika sudah benar, silahkan Anda klik "Preview Pembubuhan E-Materai".

Silahkan Anda cek lagi apa letak E-Materai nya sudah benar di samping tanda tangan Anda.
Jika E-Materai nya sudah tepat Anda bisa langsung klik "Tombol Bubuhkan E-Materai" seperti gambar di bawah ini.

"Nah Anda akan mendapatkan tanda peringatan yang dimana dokumen yang sudah di bubukan E-Materai tidak dapat di ubah lagi"

Anda bisa meriksa kembali apa document nya sudah sesuai. jika document anda sesuai langsung ajah Anda klik "Checklist" kolom syarat dan ketentuan dan klik "Bubuhkan" pada tombol warna hijau tosca tersebut seperti gambar di bawah ini

Silahkan, "Anda tunggu hasil pembubuhan E-Materai nya beberapa detik atau beberapa menit" dan klik "Refresh" jika belum bisa di Dowload file E-Materai nya.

Cara membeli E-Materai di Skill Academy yang terakhir, klik tombol "Download" untuk mengunduh dokumen yang telah di E-Materai tersebu.

"Silahkan Anda buka file document yang telah Anda dowload apa document Anda itu sudah di pasang E-Materai nya". Jika sudah terpasang, "Anda telah berhasil Membeli E-Materai di Skill Academy" serta membubuhkan E-Materai di file document yang ingin Anda pasang E-Materai tersebut

Kesimpulan 

Dengan membeli E-Materai di Skill Academy, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga karena proses pembelian dapat dilakukan secara online dengan cepat dan mudah. Anda tidak perlu lagi pergi ke kantor pos atau bank untuk membeli materai fisik.

Selain itu, dengan E-Materai dari Skill Academy, Anda juga akan menghindari risiko kehilangan atau kerusakan materai fisik. Materai elektronik yang diterbitkan oleh Skill Academy memiliki bentuk digital yang aman dan tahan lama.

Selain itu, E-Materai juga lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas seperti materai fisik tradisional. Dengan cara ini, Anda ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Terakhir, pembelian E-Materai di Skill Academy juga memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Anda dapat menggunakan E-Materai ini untuk semua jenis transaksi resmi yang membutuhkan materai.

Dalam kesimpulan, membeli E-Materai di Skill Academy adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin melakukan pembelian secara cepat, mudah, aman dan ramah lingkungan. Dapatkan sekarang dan nikmati manfaatnya!

Posting Komentar untuk "Cara Beli E-Meterai di Skill Academy"